Bonjour & Welcome to my blog

November 17, 2016

Menyantap Kupang Lontong

Posted by Unknown on 1:49 PM with No comments
Kupang Lontong atau Lontong Kupang merupakan salah satu makanan khas dari daerah Jawa Timur. Makanan ini cukup dikenal di kota Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Kupang putih(Corbula faba H)atau dikenal dengan sebutan Kupang merupakan hewan yang hidup hanya di laut. Bentuknya mirip dengan kerang tetapi ukurannya lebih kecil, sebesar antara biji beras dan biji kedelai dan diameternya sekitar 3 sampai 5 mm serta warna tubuhnya coklat agak pucat. 




Kupang (Corbula faba H)
Habitat hidup kupang yaitu menempel pada tumbuhan laut pada pantai yang memiliki karakteristik yang tenang dan memiliki ombak yang tidak terlalu besar. 
Oleh para nelayan pesisir, kupang ditangkap dengan alat yang sederhana, yaitu dengan menyabit rerumputan laut yang banyak dihuni oleh kupang. Selanjutnya pada saat air laut surut maka gerompolan kupang tersebut diambil oleh para nelayan.
Setelah terkumpul sangat banyak maka kupang dipisahkan dari rumahnya (cangkang) dengan merebusnya. Setelah direbus maka isi kerang kecil ini akan keluar, dan terpisah dari cangkangnya.
Proses pengolahan selanjutnya adalah memisahkan kupang tersebut, maka kupang sudah siap untuk dijual sebagai bahan masakan setengah jadi.


Di Jawa Timur, penangkapan kupang ini dapat ditemui di daerah pesisir utara antara lain di area pantai Sidoarjo dan Pasuruan. Kupang diolah menjadi sebuah makanan yang khas yang hanya bisa ditemui di sekitar daerah penangkapannya, tetapi tidak jarang pula terdapat di beberapa warung di daerah Surabaya meskipun agak jarang dijumpai penjual makanan ini. Cara memasak kupang juga terbilang mudah, hanya dicuci bersih lalu direbus dengan air sampai matang. Kalau dalam kondisi sudah dimasak maka pada bagian kepalanya akan berwarna hitam. 

Masyarakat Jawa Timur lebih akrab menyebut kuliner ini dengan Kupang Lontong. Kupang lontong disajikan dengan kuah dan bumbu - bumbu yang digunakan berupa : bawang putih yang diiris tipis (digoreng), cabai dan petis (yang terbuat dari udang). Bumbu tersebut dicampur kemudian digerusdiulek dengan sendok diatas piring yang akan disajikan. Sesudah digerus / diulek maka campuran bumbu tersebut akan diencerkan dengan dibubuhi sedikit kuah rebusan dari kupang lalu diberi sedikit perasan jeruk nipis setelah itu baru di tambahkan irisan lontong diatasnya kemudian ditambah dengan lentho (campuran singkong parut, kacang tolo, kelapa parut, dan bumbu - bumbu berupa bawang putih, ketumbar, garam, gula).



Kupang Lontong


Makanan ini biasanya dipadukan dengan sate kerang serta minuman air kelapa muda atau degan.

Es Degan (Kelapa Muda)

Sate Kerang







Seperti pada umumnya sea food yang lainnya, maka ada beberapa orang yang alergi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kupang laut mengandung protein dan zat besi yang cukup tinggi. Bagi orang-orang tertentu bila mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan laut ini bisa menyebabkan keracunan. Kalau si penjual mengolah kupangnya dengan bersih maka dijamin tidak akan menimbulkan efek samping seperti diare dan penyakit sejenisnya. Umumnya para penikmat kupang lontong menetralisirnya dengan meminum minuman es kelapa muda (degan) karena dipercaya bisa menawarkan racun kupang yang timbul bila sang penjual kurang tepat mengolahnya.

Jika saudara saudari sekalian berwisata atau melancong ke daerah Jawa Timur, pastikan mampir ke kota Surabaya, Sidoarjo atau Pasuruan untuk mencoba makanan yang khas nan unik ini.
Saya jamin anda sekalian bakal ketagihan !!!


0 komentar:

Posting Komentar