Bonjour & Welcome to my blog

Maret 02, 2017

Transfer file dari PC ke smartphone Xiaomi dengan fitur FTP Server

Posted by Unknown on 5:06 PM with 3 comments
Halo pembaca blog yang budiman. 

Setelah lama tidak posting, kali ini saya mencoba memberikan tutorial mengenai cara untuk mengirim file dari PC / Laptop ke smartphone Xiaomi (berlaku sebaliknya) tanpa repot - repot menggunakan bantuan aplikasi apapun. Dengan fitur FTP yang terdapat pada smartphone Xiaomi maka kalian dengan mudah dapat mentransfer file yang diinginkan tanpa proses yang rumit.
Sharing file menggunakan FTP Server  ini memungkinkan untuk smartphone Xiaomi  dan PC / Laptop kalian untuk dapat saling berbagi file tanpa perlu menggunakan kabel data. Kalian hanya perlu mengkoneksikan PC / Laptop kalian dengan jaringan Wifi yang sama dengan smartphone Xiaomi yang ada.

Apa itu FTP?
FTP merupakan suatu protokol yang memiliki fungsi sebagai penyedia fasilitas untuk tukar menukar atau pengiriman file antar jaringan. 
Jadi di smartphone Xiaomi sudah ditanamkan fitur FTP ini, yang memudahkan pengguna smartphone Xiaomi ini untuk mengirim file dengan mudah tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga seperti ShareIt atau aplikasi semacamnya.
Saat sudah terkoneksi, PC / Laptop akan menampilkan berkas yang ada pada smartphone Xiaomi pengguna seperti halnya Flashdisk atau MMC. Setelah itu tinggal kirim atau copy file seperti biasa.


Berikut saya coba berikan tutorialnya :

Langkah 1 :
Buka app Explorer, lalu pilih menu FTP.




Langkah 2 :
Pilih menu Setting, lalu pada menu transfer encoding pilih UTF-8  , pada menu Security pilih port : 2121 dan nyalakan Anonymous Login.




Kembali ke menu utama.

Langkah 3 :
Pilih dan klik menu Start server.



Langkah 4 :
Setelah itu, buka Windows explorer di PC / Laptop kalian dan ketikkan IP address yang muncul di layar menu FTP tersebut kedalam IP address di bar Windows explorer lalu tekan enter.




Sekarang kalian dapat mentransfer file dari PC / Laptop ke Xiaomi dan sebaliknya.


Selesai !!!

Dengan menerapkan atau menggunakan cara ini maka kita lebih efisien dalam mengelola file data yang diinginkan ke dalam smartphone Xiaomi atau PC / Laptop kita.

Demikian artikel berisi tutorial pemindahan file data yang dapat saya bagikan.
Semoga berguna dan terima kasih atas kunjungannya di blog saya yang sederhana ini.



Note :

- Pastikan untuk menyalakan fitur Wifi yang ada pada smartphone Xiaomi kalian, jika ingin menggunakan fitur ini.


- Jangan lupa matikan / stop server setelah proses pengkopian file selesai dilakukan.


- Kelemahan menggunakan cara FTP ini yaitu file foto yang dicopy tidak memiliki preview.

















3 komentar: